Friday, June 14, 2024
AuditGood Corporate Governance (GCG)Laporan KeuanganPortofolio

Audit Kepatuhan

Audit Kepatuhan

Pengertian Audit Kepatuhan

Audit kepatuhan merupakan suatu tinjauan atas catatan keuangan organisasi untuk menentukan apakah organisasi tersebut telah melaksanakan prosedur, kebijakan, atau peraturan yang telah dibuat oleh otoritas yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tujuan audit ini sudah tentu menentukan apakah suatu entitas telah mengikuti prosedur, tatacara, serta peraturan yang dibuat oleh otoritas yang lebih tinggi.

Temuan biasanya disampaikan pada seseorang di dalam unit organisasi yang diaudit dari pada disampaikan kepada pihak-pihak diluar organisasi yang sifatnya lebih luas. Manajemen adalah pihak pertama dan utama yang menaruh perhatian pada prosedur-prosedur dan peraturan yang berlaku. Oleh karena itu, audit jenis ini sebagian besar dilaksanakan oleh auditor internal organisasi.

Audit ini bertujuan untuk menentukan apakah yang diperiksa sesuai dengan kondisi, peratuan, dan undang-undang tertentu. Kriteria-kriteria yang ditetapkan dalam audit kepatuhan berasal dari sumber-sumber yang berbeda. Contohnya ia mungkin bersumber dari manajemen dalam bentuk prosedur-prosedur pengendalian internal. Bagian ini biasanya disebut fungsi audit internal, karena kegiatan tersebut dilakukan oleh pegawai perusahaan.

Portofolio

Berbicara mengenai portofolio atau pengalaman kegiatan melakukan audit kepatuhan yang pernah di laksanakan oleh Admin bukanlah sebagai audit internal dalam sebuah perusahaan melainkan pemeriksaan laporan dana kampanye pasangan calon pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menjunjung tinggi Good Governance khususnya nilai-nilai yang berhubungan dengan transparansi dan akuntabilitas laporan dana kampanye dari elite politik yang akan menduduki kursi kepala daerah.

Ruang lingkup kegiatan ini adalah memeriksa kelengkapan bukti transaksi pengeluaran dan data transaksi penerimaan sumbangan, hingga penyampaian laporan awal dana kampanye (LADK), laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK), dan laporan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye (LPPDK).

Adapun portofolio sebagaimana dimaksud adalah sebegai berikut:

NO. NAMA ENTITAS KOTA KEGIATAN PENUGASAN TAHUN
1 Dana Kampanye Kota Tasikmalaya Tasikmalaya Kampanye Audit Kepatuhan 2017
2 Dana Kampanye Kota Bandung Bandung Kampanye Audit Kepatuhan 2018

Relevansi Audit Kepatuhan dengan Pelatihan Microsoft Excel

Berbicara dimana relevansi Pelatihan Microsoft Excel dalam hubungannya dengan audit kepatuhan dalam hal pemeriksaan dana kampanye titik relevansi tersebut sangatlah banyak, apalagi jika Laporan Keuangan yang diserahkan oleh Partai Politik tidak memiliki Sistem Keuangan yang disertai adanya pedoman pengelolaan pencatatan dan administrasi keuangan, sehingga dalam menelusuri laporan tersebut diperlukan pemahaman fungsi-fungsi Excel yang sangat kompleks karena laporan yang diterima memiliki tingkat inkonsistensi format pencatatan yang tinggi.

Ringkasan
Audit Kepatuhan
Nama Artikel
Audit Kepatuhan
Deskripsi
Audit kepatuhan merupakan suatu tinjauan atas catatan keuangan organisasi untuk menentukan apakah organisasi tersebut telah melaksanakan prosedur, kebijakan, atau peraturan yang telah dibuat oleh otoritas yang lebih tinggi.
Penulis
Penerbit
Manajer Audit
Logo Penerbit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!