Friday, June 14, 2024
Laporan KeuanganSistem KeuanganStandar Akuntansi Keuangan

Pembuatan Sistem Keuangan

Pembuatan Sistem Keuangan

Alasan Penting Perusahaan Memiliki Sistem Keuangan

Laporan Keuangan sebetulnya sangat penting bagi perusahaan, baik skala kecil maupun besar. Sayangnya untuk perusahaan skala kecil masih di pandang sebagai kegiatan yang cukup rumit dan memakan waktu. Padahal ada banyak contoh sistem keuangan sederhana yang bisa dijadikan acuan. Sedangkan untuk perusahaan besar, mungkin laporan keuangannya sudah terstruktur rapi karena Pembuatan Sistem Keuangan sudah dikerjakan sebelumnya bahkan sebelum didirikan.

Sistem Keuangan akan memberi kemudahan dalam Manajemen Keuangan, tidak hanya secara spesifik namun juga secara menyeluruh. Semua ini akan memudahkan untuk membuat kondisi keuangan yang stabil. Melalui manajemen keuangan tersebut, pada akhirnya tujuan akhir dapat diketahui berapa keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan dan juga menentukan berapa pengeluaran perusahaan.

Siapa yang Wajib Memilikinya?

Meskipun masih dalam klasifikasi skala kecil, perusahaan tetap tidak boleh mengabaikan Pembuatan Sistem Keuangan. Kebanyakan dari mereka hanya melihat omzet besar lalu tidak peduli dengan proses arus uang sebenarnya. Padahal membuat Laporan Keuangan sederhana cukup mudah meski dikerjakan oleh orang dengan background bukan Akuntansi jika sarana dan prasarana nya memadai. Membuat laporan keuangan dapat melakukan dengan dua sistem yaitu sistem manual dan juga aplikasi. Sistem manual adalah sistem pembukuan yang masih menggunakan pensil atau software spreadsheet seperti Microsoft Excel. Sedangkan sistem aplikasi adalah sistem pembukuan yang telah menggunakan teknologi baru.

Standar Akuntansi Keuangan (SAK) untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK ETAP) adalah ketetapan yang dihasilkan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dan diterbitkan pada 17 Juli 2009 yang mulai berlaku secara efektif sejak 1 Januari 2011. Standar tersebut dibuat untuk pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ingin menggunakan prinsip-prinsip laporan keuangan untuk menyediakan informasi tentang posisi keuangan, kinerja keuangan, laporan arus kas, dan sebagainya.

SAK ETAP tersebut disusun tanpa harus mempertimbangkan Akuntabilitas publik. Artinya, laporan keuangan tersebut tidak diterbitkan untuk tujuan umum bagi pengguna di luar usaha/perusahaan/eksternal. Oleh karena itu, para pelaku UKM bisa membatasi diri dalam menyusun laporan keuangan berdasarkan SAK ETAP.

Jika anda sedang mencari jasa Pembuatan Sistem Keuangan tidak ada salahnya mempertimbangankan Manajer Audit sebagai pembuatnya mengingat pengalaman portofolionya yang cukup mumpuni. Silahkan menghubungi nomor contact yang tercantum untuk informasi lebih lanjut.

Summary
Pembuatan Sistem Keuangan
Service Type
Pembuatan Sistem Keuangan
Provider Name
Manajer Audit,
Jl. Otista,Tarogong, Garut,Jawa Barat-44151,
Telephone No.0853-1500-7839
Area
Indonesia
Description
Sistem Keuangan akan memberi kemudahan dalam Manajemen Keuangan, tidak hanya secara spesifik namun juga secara menyeluruh. Semua ini akan memudahkan untuk membuat kondisi keuangan yang stabil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!