Friday, June 14, 2024
Laporan KeuanganRegulasiStandar Akuntansi KeuanganStandar Akuntansi Pemerintahan

Pembuatan Laporan Keuangan

Laporan Keuangan

Pengertian Laporan Keuangan

Setiap Perusahaan tak pernah luput dari kegiatan Pembuatan Laporan Keuangan. Laporan Keuangan adalah laporan yang memuat informasi keuangan perusahaan atau lembaga pemerintah dalam suatu periode akuntansi tertentu yang menggambarkan kinerja perusahaan tersebut, karena laporan keuangan sangatlah krusial keberadaannya untuk keberlangsungan sebuah usaha, maka harus dibuat secara konsisten setiap bulannya dan biasanya bisa dikelompokan per kuartal dan per tahun, dalam rangka untuk melakukan evaluasi.

Pembuatan Laporan Keuangan sejatinya harus didasarkan kepada Standar Akuntansi Keuangan (SAK), standar sebagaimana dimaksud misalnya Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP), Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK), Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) untuk sektor publik seperti Pemerintahan.

Arti Penting Pembuatan LK

Pada dasarnya, setiap Laporan Keuangan yang baik minimal memiliki 3 jenis laporan, yaitu laporan laba/rugi (profit and loss statement), laporan neraca (balance sheet), dan laporan arus kas (cash flow statement). Ketiganya memiliki peran dan fungsinnya masing-masing namun seberapa penting perusahaan memiliki laporan keuangan?

Laporan Keuangan biasanya digunakan untuk:

  1. Mengevaluasi kinerja perusahaan, kompensasi, pengembangan karier
  2. Mengetahui kinerja perusahaan, pendapatan, keamanan investasi
  3. Mengetahui kemampuan perusahaan melunasi utang beserta bunganya
  4. Pajak, persetujuan untuk go public
  5. Penghasilan yang memadai, kualitas hidup, keamanan kerja

1. Laporan Laba Rugi

Merupakan laporan finansial perusahaan yang dibuat oleh bisnis untuk mengetahui pengeluaran dan pemasukan bisnis secara mendetail. Isi dari laporan ini ialah data-data pendapatan sekaligus beban yang ditanggung oleh perusahaan. Laporan ini dibuat untuk menjelaskan kondisi keuangan perusahaan pada periode tertentu. Maka dari itu, sebagian besar laporan dikerjakan pada akhir tahun atau akhir bulan, sesuai ketentuan di perusahaan tersebut.

2. Laporan Neraca

merupakan laporan keuangan yang sangat penting karena dalam laporan ini terdapat segala informasi terkait siapa pemegang saham dari suatu perusahaan, siapa kreditur yang ada, peraturan pemerintah yang ada, dan berbagai kebijakan lainnya.

3. Laporan Arus Kas

Merupakan catatan keuangan yang berisi informasi tentang pemasukan dan pengeluaran selama satu periode, laporan ini akan sangat berguna ketika Anda akan mengevaluasi struktur keuangan (likuiditas dan solvabilitas), serta aktiva bersih perusahaan.

Summary
Pembuatan Laporan Keuangan
Service Type
Pembuatan Laporan Keuangan
Provider Name
Manajer Audit,
Jl. Otista,Tarogong, Garut,Jawa Barat-44151,
Telephone No.0853-1500-7839
Area
Indonesia
Description
Pada dasarnya, setiap Laporan Keuangan yang baik minimal memiliki 3 jenis laporan, yaitu laporan laba/rugi (profit and loss statement), laporan neraca (balance sheet), dan laporan arus kas (cash flow statement).

3 thoughts on “Pembuatan Laporan Keuangan

  • Budi Indratno

    Kompilasi Laporan Keuangan ngga ada?

    Reply
  • Yusuf Effendi

    Mengenai tarif nya berapa?

    Reply
  • Permisi Pak, mau tanya apakah disini bisa membuat sistem keuangan buat klinik?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!